Apa itu alat bantu untuk mendengar?

Apa itu alat bantu untuk mendengar?

Alat Bantu Mendengar

Apa itu alat bantu dengar?

Bagaimana alat bantu dengar bisa membantu?

Di mana saya bisa mendapatkan bantuan untuk gangguan pendengaran saya?

Berapa macam model alat bantu dengar?

Apakah semua alat bantu dengar bekerja dengan cara yang sama?

Alat bantu dengar mana yang paling cocok untuk saya?

Pertanyaan apa yang harus saya tanyakan sebelum membeli alat bantu dengar?

Bagaimana saya bisa menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar saya?

Bagaimana cara merawat alat bantu dengar saya?

Di mana saya dapat menemukan informasi tambahan mengenai alat bantu dengar?

Apa itu alat bantu dengar?

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik kecil yang kamu pakai di dalam atau di belakang telinga. Alat ini berfungsi membuat beberapa suara menjadi lebih keras sehingga penderita gangguan pendengaran dapat mendengarkan, berkomunikasi, dan berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari baik dalam situasi sunyi ataupun bising.

Pada dasarnya, alat bantu dengar memiliki tiga bagian dasar yaitu mikrofon, amplifier, dan speaker. Begini cara kerjanya, alat bantu dengar menerima suara melalui mikrofon, yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan mengirimkannya ke amplifier. Kemudian, penguat meningkatkan kekuatan sinyal dan kemudian mengirimkannya ke telinga melalui speaker.

Bagaimana alat bantu dengar bisa membantu?

Dapat disimpulkan bahwa alat bantu mendengar berguna untuk meningkatkan pendengaran dan pemahaman bicara pada orang yang mengalami gangguan pendengaran. Ada gangguan pendengaran yang disebut gangguan pendengaran sensorineural, gangguan pendengaran ini terjadi karena kerusakan pada sel sensorik kecil di telinga bagian dalam atau disebut sel rambut.

Umumnya kerusakan atau gangguan pendegaran sensorineural terjadi karena faktor penyakit, penuaan, telinga yang cedera karena terlalu sering berada di lingkungan yang bising atau meng-konsumsi obat-obatan tertentu. Alat bantu dengar memperbesar getaran suara yang masuk ke telinga. Sel-sel rambut yang bertahan mendeteksi getaran yang lebih besar dan mengubahnya menjadi sinyal saraf yang diteruskan ke otak.

Semakin besar kerusakan pada sel-sel rambut seseorang maka semakin parahlah gangguan pendengarannya dan semakin besar pula spesifikasi alat bantu dengar yang dibutuhkan untuk mengatasi kerusakan tersebut. Namun, jika telinga bagian dalam ternyata mengalami kerusakan parah maka getaran besar sekalipun tidak akan mampu diubah menjadi sinyal saraf. Dalam situasi ini, alat bantu dengar tidak akan efektif.

Di mana saya bisa mendapatkan bantuan untuk gangguan pendengaran saya?

Ada beberapa pilihan alat bantu dengar yang bisa anda coba jika anda atau anggota keluarga memiliki kekhawatiran tentang gangguan pendengaran. Seperti alat bantu over-the-counter (OTC), Model alat bantu dengar ini dapat dibeli langsung oleh masyarakat tanpa harus memeriksakan ambang pendengaran terlebih dahulu dengan ahli kesehatan pendengaran. Alat bantu mendengar ini ditujukan untuk membantu orang dewasa yang mengalami gangguan pendengaran ringan hingga sedang. Sedangkan, alat bantu dengar yang tersedia dari ahli kesehatan pendengaran atau audiolog berbeda, karena biasanya seorang audiolog akan memeriksa ambang dengar seseorang lalu memprogram alat bantu dengar sesuai tingkat gangguan pendengaran dari hasil pemeriksaan.

Berapa macam model alat bantu dengar?

Terdapat tiga model dasar alat bantu mendengar. Modelnya berbeda-beda berdasarkan ukuran, penempatannya di dalam atau di belakang telinga dan sejauh mana model alat bantu dengar tersebut bekerja memperkuat suara.

Alat bantu dengar di belakang telinga (BTE) terdiri dari wadah yang terdapat komponen-komponen yang dipasang di belakang telinga dan dihubungkan ke cetakan telinga yang dipasang di dalam telinga luar. Komponen elektronik disimpan dalam wadah di belakang telinga. Suara disalurkan dari alat bantu dengar melalui cetakan telinga lalu masuk ke telinga. Alat bantu BTE digunakan oleh orang-orang dari segala usia untuk gangguan pendengaran ringan hingga berat.

Alat bantu dengar in-the-ear (ITE) dipasang sepenuhnya di dalam telinga luar dan digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga berat. Casing tempat komponen elektronik terbuat dari plastik keras. Beberapa alat bantu ITE mungkin mempunyai fitur tambahan tertentu yang terpasang, seperti telecoil. Telecoil adalah kumparan magnet kecil yang memungkinkan pengguna menerima suara melalui sirkuit alat bantu dengar, bukan melalui mikrofonnya. Hal ini memudahkan untuk mendengar percakapan melalui telepon. Telecoil juga membantu orang mendengar di fasilitas umum yang telah memasang sistem suara khusus, yang disebut sistem loop induksi. Biasanya alat bantu ITE  tidak dipakai oleh anak kecil karena casingnya perlu sering diganti seiring pertumbuhan telinga.

Alat bantu yang masuk ke dalam saluran telinga dan tersedia dalam dua model. Biasa disebut Alat bantu dengar in-the-canal (ITC) dibuat agar sesuai dengan ukuran dan bentuk saluran telinga seseorang. Alat bantu dengar yang sepenuhnya masuk ke dalam saluran (CIC) hampir tersembunyi di dalam saluran telinga. Kedua jenis ini digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga sedang.
Karena ukurannya yang kecil, alat bantu dengar model ini mungkin sulit untuk disesuaikan dan dilepas oleh seseorang. Dan alat ini tidak direkomendasikan untuk anak kecil atau orang dengan gangguan pendengaran berat dan sangat berat.

Apakah semua alat bantu bekerja dengan cara yang sama?

Alat bantu dengar bekerja secara berbeda tergantung pada perangkat elektronik yang digunakan. Dua jenis elektronik utama adalah analog dan digital.

Alat bantu analog mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik, yang diperkuat. Alat bantu dengar dapat disesuaikan dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan setiap pengguna. Bantuan tersebut diprogram oleh produsen sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh audiolog Anda. Alat bantu dengar analog/dapat diprogram mempunyai lebih dari satu program atau pengaturan. Seorang audiolog dapat memprogram bantuan tersebut menggunakan komputer, dan Anda dapat mengubah program untuk lingkungan mendengarkan yang berbeda—dari ruangan kecil yang tenang, restoran yang ramai, hingga area terbuka yang luas, seperti teater atau stadion. Sirkuit analog/dapat diprogram dapat digunakan di semua jenis alat bantu dengar. Alat bantu analog biasanya lebih murah dibandingkan alat bantu dengar digital.

Alat bantu digital mengubah gelombang suara menjadi kode numerik, mirip dengan kode biner komputer, sebelum memperkuatnya. Karena kode tersebut juga mencakup informasi tentang nada atau kenyaringan suara, alat bantu tersebut dapat diprogram secara khusus untuk memperkuat frekuensi tertentu lebih dari frekuensi lainnya. Sirkuit digital memberi audiolog lebih banyak fleksibilitas dalam menyesuaikan bantuan dengan kebutuhan pengguna dan lingkungan pendengaran tertentu. Canggihnya, alat bantu ini juga dapat diprogram untuk fokus pada suara yang datang dari arah tertentu.

Alat bantu mana yang paling cocok untuk saya?

Tergantung pada jenis dan tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda. Jika Anda mengalami gangguan pendengaran pada kedua telinga, umumnya disarankan menggunakan dua alat bantu dengar karena dua alat bantu tersebut memberikan sinyal yang lebih alami ke otak. Namun menggunakan alat bantu hanya disatu sisi telinga saja juga tidak masalah. Biasanya seorang Hearing Aids akan memasangkan alat bantu dengar disisi telinga yang tidak terlalu parah, bertujuan agar telinga tersebut tidak semakin parah kasus pendengarannya.

Audiolog akan menyesuaikan alat bantu dengar yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Harga juga menjadi pertimbangan utama karena alat bantu dengar berkisar antara 2 juta hingga 20 juta . Mirip dengan pembelian peralatan lainnya, kebutuhan dan fitur mempengaruhi biaya. Namun, jangan hanya mengandalkan harga untuk menentukan alat bantu dengar terbaik bagi Anda. Hanya karena satu alat bantu dengar lebih mahal dibandingkan alat bantu dengar lainnya tidak berarti alat tersebut lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perlu anda ketahui jika alat bantu dengar tidak akan mengembalikan pendengaran anda secara normal. Namun, dengan latihan, alat bantu dengar akan meningkatkan kesadaran Anda terhadap suara dan sumbernya. Anda pasti ingin memakai alat bantu dengar secara teratur, jadi pilihlah yang nyaman dan mudah digunakan. Fitur lain yang perlu dipertimbangkan mencakup suku cadang atau layanan yang tercakup dalam garansi, perkiraan jadwal dan biaya pemeliharaan dan perbaikan, opsi dan peluang peningkatan, serta reputasi perusahaan alat bantu dengar dalam hal kualitas dan layanan pelanggan.

Pertanyaan apa yang harus saya tanyakan sebelum membeli alat pendegaran?

Sebelum Anda membeli alat bantu dengar, tanyakan kepada audiolog Anda pertanyaan penting berikut:

–  Alat bantu apa yang paling cocok bagi saya?

–  Berapa total biaya alat bantu dengar tersebut dan Apakah manfaat teknologi terbaru seperti alat bantu dengar digital lebih mahal?

–  Apakah ada masa percobaan untuk menguji alat bantu dengar?(Kebanyakan produsen mengizinkan masa uji coba alat bantu selama 7 hingga 30 hari di mana ada jaminan dana dari konsumen). Biaya apa yang tidak dapat dikembalikan jika alat bantu dikembalikan setelah masa uji coba?

–  Berapa lama garansinya? Apakah bisa diperpanjang? Apakah garansi mencakup pemeliharaan dan perbaikan di masa mendatang?

–  Dapatkah audiolog melakukan penyesuaian dan memberikan servis serta perbaikan kecil? Apakah ada alat bantu pengganti yang dipinjamkan ketika alat bantu dengar perlu diperbaiki?

Bagaimana cara menyesuaikan diri dengan alat bantu mendengar yang sudah saya beli?

Kenali fitur-fitur alat bantu dengar dengan audiolog Anda, berlatihlah memasang dan mengeluarkan alat bantu, membersihkannya dan cara mengganti baterai. Belajarlah untuk mengatur volume alat bantu dan memprogramnya untuk suara yang terlalu keras atau terlalu lembut. Bekerjasamalah dengan audiolog Anda sampai Anda merasa nyaman dan puas.

Masalah yang umumnya terjadi saat penyesuaikan diri dengan alat bantu dengar yang baru dibeli.

–  Alat bantu dengar saya terasa tidak nyaman. Beberapa orang mungkin merasa alat bantu dengar terasa sedikit tidak nyaman pada awalnya. Tanyakan kepada audiolog Anda berapa lama Anda harus memakai alat bantu dengar saat Anda menyesuaikan diri.

–  Suaraku terdengar terlalu keras. Sensasi “terpasang” yang menyebabkan suara pengguna alat bantu dengar terdengar lebih keras di dalam kepala disebut efek oklusi, dan hal ini sangat umum terjadi pada pengguna baru alat bantu dengar. Tanyakan kepada audiolog Anda untuk untuk mengetahui apakah koreksi dapat dilakukan. Kebanyakan orang terbiasa dengan efek ini seiring berjalannya waktu.

–  Saya mendapat masukan dari alat bantu dengar saya. Suara siulan dapat disebabkan oleh alat bantu dengar yang tidak pas atau berfungsi dengan baik atau tersumbat oleh kotoran atau cairan telinga. Temui audiolog Anda untuk penyesuaian.

–  Saya mendengar kebisingan latar belakang. Ada alat bantu dengar tidak sepenuhnya memisahkan suara yang ingin Anda dengar dari suara yang tidak ingin Anda dengar. Berbeda dengan Alat Bantu Dengar Digital, Alat bantu dengar digital dibuat memang dikhususkan hanya untuk fokus percakapan. Bicaralah dengan audiolog Anda.

–  Saya mendengar suara mendengung ketika saya menggunakan ponsel saya. Beberapa orang mengalami masalah dengan interferensi frekuensi radio yang disebabkan oleh telepon seluler digital. Namun, alat bantu dengar dan telepon seluler kini semakin canggih, sehingga masalah ini semakin jarang terjadi. Saat anda membeli alat bantu dengar baru, bawalah ponsel Anda untuk sekalian disetting, biasanya alat bantu dengar yang bisa disetting melalu Smartphone adalah Alat bantu dengar digital.

Bagaimana cara merawat alat bantu mendengar saya?

Perawatan yang tepat akan memperpanjang umur alat bantu dengar Anda. Biasakan untuk:

–  Jauhkan alat bantu dengar dari panas dan lembab.

–  Bersihkan alat bantu dengar seperti yang diinstruksikan. Kotoran telinga dan drainase telinga dapat merusak alat bantu dengar.

–  Hindari penggunaan hairspray atau produk perawatan rambut lainnya saat memakai alat bantu dengar.

–  Buka baterai dari alat bantu dengar bila tidak digunakan, seperti saat tidur dan mandi.

–  Segera ganti baterai yang sudah habis.

–  Jauhkan baterai pengganti dan alat bantu dengar dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Di mana saya dapat menemukan informasi tambahan mengenai alat bantu dengar?

Terakhir, sebelum memutuskan untuk membeli alat bantu dengar, pastikan untuk mencoba beberapa jenis dan merek yang berbeda. Hal ini akan membantu Anda memilih alat bantu dengar yang paling nyaman dan efektif untuk digunakan. Pilihlah alat bantu dengar yang memberikan kenyamanan dan membantu meningkatkan pendengaran secara signifikan.

Kesimpulannya, dengan memilih alat bantu dengar yang tepat, seseorang dapat menikmati kehidupan dengan lebih baik dan kembali terlibat dalam aktivitas sehari-hari bersama keluarga dengan lebih efektif.

Konsultasikan Masalah Pendengaranmu
Telepon/Whatsapp : 081260043332
Website: www.earsoundhearing.com

Pusat Alat Bantu Dengar Digital

👂 KANTOR PUSAT
Jln. Prof. HM. Yamin No. 75 (Dekat Masjid Perjuangan 45) Medan, Sumatera Utara Indonesia 20335
Telp./WA : 0812-6004-3332

👂 CABANG MEDAN I
Jl. Abdullah Lubis No. 75 No. 48 Gedung Betahive, Babura, Kec. Medan Baru, Medan, Sumatera Utara Indonesia

👂 CABANG MEDAN II
Jl. Djamin Ginting No. 244, (Depan Pajak Sore) Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara Indonesia

👂 CABANG BINJAI
Jl. Tamtama No. 10, Satria, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara Indonesia 20714

👂 CABANG JAMBI
Jl. Sultan Agung Beringin, Pasar Jambi, Simpang Murni, Beringin, Kec. Ps. Jambi, Kota Jambi Indonesia 36124
Telp./WA : 0811-7405-413

Informasi:

BUKA SETIAP HARI

Senin – Sabtu  : 09.00-17.00
Minggu            : 10.00-16.00

Imagem perfil

Earsound Hearing

X

Silahkan isi nama, alamat dan keluhan kamu sekarang