Apakah Pusat Sistem Implan Koklea Itu Penting

Apakah Pusat Sistem Implan Koklea Itu Penting

Kehadiran sistem implan koklea memberikan harapan kepada orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran agar lebih mampu mendengar suara ataupun memahami percakapan yang sedang terjadi. Implan koklea sendiri diutamakan sebagai solusi kerusakan koklea sedang sampai berat sehingga pemasangan implan ini bertujuan untuk menggantikan fungsi koklea yang sudah rusak. Umumnya, alat bantu dengar (ABD) konvensional hanya bertindak sebagai pengeras suara ke telinga, dengan adanya implant koklea suara yang ditangkap gendang telinga dapat dialirkan langsung ke tulang pendengaran kita.

Implan koklea merupakan alat elektronik yang mempunyai kemampuan menggantikan fungsi koklea dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mendengar dan berkomunikasi pada pasien tuli saraf derajat sedang sampai saraf derajat sangat berat, baik dalam unilateral (satu sisi) ataupun bilateral (dua sisi).

Pentingnya implant koklea yakni untuk mengirimkan suara-suara melalui sinyal listrik dan mengirimkannya ke saraf pendengaran, untuk menangkap suara-suara secara langsung masuk ke dalam saraf otak.

Pasien yang mengalami ketulian sejak lahir itu dapat kembali mendengar dengan baik”, ungkap direktur medik dan keperawatan RSCM, dr.julianto witjaksono saat jumpa pers di Gedung A RSCM, 10 juli 2009. Beliau juga menyatakan bahwa Implan koklea adalah prosedur penanaman alat bantu yang di lakukan melalui tindakan operasi pada tulang temporal, operasi implan koklea ini diperuntukan pada penderita tunarugu yang tidak tertolong dengan pemakaian alat bantu dengar biasa. Kerusakan pendengaran yang terjadi pada organ telinga luar (daun telinga) dan telinga tengah di tolong dengan implantasi.

Dr.julianto witjaksono juga  mengatakan bahwa Koklea merupakan organ pendengaraan yang berfungsi mengirim pesan ke syaraf pendengaraan dan otak. Suara yang ditangkap daun telinga tersebut kemudian dikirimkan ke tulang pendengaraan dan bergerak menuju koklea. Operasi implan koklea atau sering di sebut implan rumah siput merupakan tindakan menanam elektroda untuk organ pendengaraan yang berisi saraf-saraf pendengaraan yang terletak di telinga dalam, elektroda inilah yang menggantikan fungsi koklea sebagai organ pendengaraan.

Apakah pusat sistem implan koklea itu penting? Tentu sangatlah penting karena dapat merubah gelombang suara melalui saraf pendengaran ke otak manusia, sehingga otak dapat menyerap informasi yang terkandung di dalam bunyi tersebut. Sistem implan koklea merupakan sebuah perangkat elektronik kecil yang di pasang dalam telinga orang yang memiliki gangguan pendengaran akibat koklea yang rusak.

Implan koklea sendiri memiliki beberapa bagian, berikut penjelasannya:

  • Mikrofon: untuk menangkap sumber suara yang berada di sekitar
  • Prosesor suara: untuk Menyusun setiap sumber suara yang di tangkap oleh mikrofon.
  • Pemancar dan penerima/ stimulator: untuk mendapatkan sinyal dari suara kemudian di kirimkan ke implant.
  • Susunan elektroda: untuk seseorang yang menderita gangguan pendengaran berat dan harus memakai alat bantu pendengaran.

Adapun fungsi implan koklea atau implan rumah siput berfungsi merubah energi/gelombang suara menjadi implus listrik dan meneruskannya melalui saraf pendengaran ke otak sehingga otak dapat memproses informasi yang terkandung di dalam bunyi tersebut, selain itu di telinga juga terdapat organ kanalis semi sirkularis yang berfungsi sebagai organ keseimbangan.

Implan koklea atau implan rumah siput bekerja mengirimkan suara dari koklea langsung ke saraf pendengaran dan kemudian membawa sinyal suara tersebut ke otak atau menangkap suara-suara yang di dengar dan kemudian mengolahnya agar dapat di terima oleh syaraf pendengaran menuju otak.

Walaupun pemasangan implan koklea aman menurut medis, tetapi pemasangan implan koklea sendiri memiliki efek samping dan resiko. Beberapa efek samping dan resiko operasi implan koklea termasuk:

  • Pengguna cenderung merasa tidak nyaman saat memakai atau memasang implan koklea
  • Diawal banyak kasus jika pengguna akan merasa pusing setelah dipasang implan koklea
  • Ada juga pengguna yang akan merasa mual setelah pemasangan
  • Merasakan sakit setelah alat implan koklea dipasang.

Dalam implan koklea juga memiliki kelebihan bagi penggunaannya. Beberapa kelebihan penggunaan implan koklea yaitu:

  • Dapat mendengarkan ucapan pada tingkat suara normal
  • Memahami ucapan tanpa harus membaca bibir
  • Mampu mendengarkan suara-suara orang berbicara
  • Dapat menjadi pilihan ketika alat bantu dengar tidak memberikan kejelasan suara dari ucapan atau bahasa lisan orang lain

Intinya, Pemasangan alat elektronik khusus untuk membantu penderita gangguan pendengaran parah atau tuli agar dapat mendengar dan implan koklea merupakan Satu-satunya alat medis dengan teknologi terdepan yang secara fungsional mengembalikan satu dari lima indera manusia.

Solusi mengatasi kurangnya pendengaran

Solusi mengatasi kurangnya pendengaran

Gangguan pendengaran adalah gangguan yang sering terjadi yaitu kehilangan pendengaran yang dapat mengakibatkan seseorang susah untuk mendengarkan sesuatu seperti suara manusia, suara musik, dan suara keras sekalipun. Terciptalah Hearing Aid  (Alat Bantu Dengar) sebagai solusi mengatasi kurangnya pendengaran yang berupa sebuah perangkat elektronik yang dipasang pada bagian luar telinga pemiliknya. Kemudian bunyi maupun  suara tersebut di teruskan ke dalam telinga, sehingga para pemakainya dapat mendengar dan berkomunikasi dengan jelas.

Dalam permasalahan pendengaran di atas, maka manusia yang mengalami gangguan tersebut harus mendapatkan penangganan yaitu “Alat Bantu Dengar (Hearing Aid)”.

Beberapa penyebab pendengaran berkurang antara lain:

  1. Gangguan pendengaran karena adanya kotoran telinga
  2. Gangguan pendengaran karena adanya kerusakan jalur syaraf
  3. Gangguan pendengaran campuran yaitu rusaknya saraf telinga bagian dalam maupun luar telinga.

Solusi mengatasi kurangnya pendengaran:

  • Hindari suara-suara yang cukup keras
  • Hindari memasukan jari, cutton bod, tisu dan benda tajam lainnya ke dalam telinga.

Apakah yang akan terjadi jika pendengaran kita terganggu?

Jika pendengaran sudah terganggu, pada saat kondisi inilah seseorang tidak akan mendengarkan suara-suara yang ada di sekitar lingkungannya. Perlu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dianjurkan untuk memeriksakan pendengaran kepada ahlinya.

Tahapan dalam gangguan pendengaran dan cara mengobatinya:

  • Gangguan Mild Hearing Loss yakni gangguan yang tidak dapat mendengarkan suara lembut, Cara mengobatinya adalah dengan membersihkan seluruh kotoran telinga menggunakan cutton bud
  • Gangguan Moderate Hearing Loss yakni gangguan yang tidak dapat mendengar suara jauh, Cara mengobatinya adalah dengan menggunakan obat tetes telinga
  • Gangguan Severe Hearing Loss yakni gangguan yang dapat membuat anda sulit mendengarkan suara yang keras, Cara mengobatinya tidak memasukan benda apapun kedalam telinga seperti cutton bud maupun kapas.

 

Pusat Alat Bantu Dengar Indonesia

Alamat kami:

👂 MEDAN I
Jln. Prof. HM. Yamin No. 75 (Dekat Masjid Perjuangan 45) Medan, Indonesia 20335
Telp./WA : 0812-6004-3332

👂 MEDAN II
Jln. Djamin Ginting No. 244, (Depan Pajak Sore) Padang Bulan, Medan, Indonesia

👂 JAMBI
Jln. Sultan Agung Beringin, Pasar Jambi, Simpang Murni, Beringin, Kec. Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi 36124, Indonesia
Telp./WA : 0811-7405-413

Informasi:

BUKA SETIAP HARI :

Senin-Sabtu : 09.00-17.00
Minggu         : 10.00-16.00

Imagem perfil

Earsound Hearing

X

Silahkan isi nama, alamat dan keluhan kamu sekarang