33 views
Akibat Mengorek Telinga

Akibat Mengorek Telinga

EarsoundHearing.com – Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang mungkin jarang kita pikirkan, tetapi memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan dan pendengaran kita. Sayangnya, beberapa orang memiliki kebiasaan mengorek telinga dengan benda-benda seperti cotton bud atau jari mereka sendiri. Aktivitas ini sebenarnya bisa memiliki dampak buruk yang serius pada kesehatan telinga kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa akibat negatif dari mengorek telinga dan cara mencegahnya.

1. Cedera pada Telinga Bagian Luar

Saat Anda mengorek telinga, risiko terbesar adalah menyebabkan cedera pada bagian luar telinga, seperti liang telinga dan kulit di sekitarnya. Menggunakan benda tumpul atau jari untuk mengorek dapat mengakibatkan luka, lecet, atau bahkan infeksi. Infeksi telinga luar, yang dikenal sebagai otitis eksterna, bisa sangat menyakitkan dan memerlukan perawatan medis.

2. Perubahan Kualitas Pendengaran

Mengorek telinga dengan benda yang tidak tepat dapat mendorong kotoran lebih dalam ke dalam liang telinga, mengganggu aliran normal dan menyebabkan pendengaran terganggu. Kotoran yang terdorong ke dalam dapat mengumpul dan mengeras, menciptakan sumbatan yang lebih sulit untuk dihilangkan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan pendengaran sementara atau bahkan permanen.

3. Kerusakan pada Telinga Tengah

Tindakan mengorek kuping/telinga yang terlalu keras atau dalam dapat merusak gendang telinga atau bagian lain dari telinga tengah. Gendang telinga adalah komponen penting yang memungkinkan kita mendengar suara dengan benar. Cedera pada gendang telinga bisa menyebabkan infeksi telinga tengah (otitis media) dan gejala seperti nyeri, demam, dan penurunan pendengaran yang signifikan.

4. Infeksi Serius dan Komplikasi

Mengorek kuping dengan benda yang tidak bersih dapat memperkenalkan bakteri atau jamur ke dalam telinga, meningkatkan risiko infeksi. Infeksi telinga yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk kerusakan permanen pada pendengaran atau bahkan penyebaran infeksi ke bagian tubuh lain.

Cara Mencegah Akibat Mengorek Telinga:

Jangan Menggunakan Benda Tajam atau Tumpul: Hindari mengorek kuping dengan cotton bud, jepit kuku, atau benda-benda tajam lainnya. Ini dapat merusak telinga Anda.

Bersihkan Telinga dengan Aman: Untuk membersihkan telinga, cukup bersihkan bagian luar telinga dengan handuk bersih setelah mandi. Jika Anda memiliki masalah kotoran telinga yang berlebihan, konsultasikan dengan dokter.

Konsultasikan dengan Dokter THT: Jika Anda mengalami gejala seperti nyeri telinga, gatal, atau penurunan pendengaran, segera konsultasikan dengan dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan).

Hindari Mengorek Terlalu Dalam: Jangan mengorek terlalu dalam ke dalam liang telinga. Kotoran telinga yang sehat akan keluar dengan sendirinya.

Mengorek telinga adalah kebiasaan yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan telinga Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan telinga Anda, selalu lebih baik berkonsultasi dengan dokter daripada mencoba mengatasinya sendiri. Kesehatan telinga yang baik akan mendukung kualitas hidup Anda dan membantu Anda menjaga pendengaran yang baik sepanjang masa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Pusat Alat Bantu Dengar Digital

👂 KANTOR PUSAT
Jln. Prof. HM. Yamin No. 75 (Dekat Masjid Perjuangan 45) Medan, Sumatera Utara Indonesia 20335
Telp./WA : 0812-6004-3332

👂 CABANG MEDAN I
Jl. Abdullah Lubis No. 75 No. 48 Gedung Betahive, Babura, Kec. Medan Baru, Medan, Sumatera Utara Indonesia

👂 CABANG MEDAN II
Jl. Djamin Ginting No. 244, (Depan Pajak Sore) Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara Indonesia

👂 CABANG BINJAI
Jl. Tamtama No. 10, Satria, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara Indonesia 20714

👂 CABANG JAMBI
Jl. Sultan Agung Beringin, Pasar Jambi, Simpang Murni, Beringin, Kec. Ps. Jambi, Kota Jambi Indonesia 36124
Telp./WA : 0811-7405-413

Informasi:

BUKA SETIAP HARI

Senin – Sabtu  : 09.00-17.00
Minggu            : 10.00-16.00

Imagem perfil

Earsound Hearing

X

Silahkan isi nama, alamat dan keluhan kamu sekarang