63 views
Harga Alat Bantu Dengar

Harga Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar atau hearing aid adalah sebuah perangkat medis yang membantu seseorang yang mengalami gangguan pendengaran untuk dapat mendengar lebih baik. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai harga alat bantu dengar.

Harga alat bantu dengar bervariasi tergantung pada jenis, merek, dan spesifikasi dari alat tersebut. Ada beberapa jenis alat bantu dengar yang tersedia di pasaran, yaitu:

1.Alat di dalam telinga (in the ear/ITE)

ITE sesuai untuk gangguan pendengaran tingkat ringan hingga berat. Biasanya ada dua model ITE, yaitu alat yang dipasang di seluruh cuping telinga luar atau sebagian saja. Jenis ini tidak dianjurkan untuk anak-anak karena mereka sedang dalam tahap pertumbuhan, sehingga ukuran cuping telinganya terus berubah. Berikut adalah gambaran singkat tentang ITE:
-Menggunakan baterai yang lebih besar sehingga lebih tahan lama.
-ITE lebih terlihat dibandingkan dengan alat bantu dengar jenis lain yang lebih kecil.
-Memiliki fitur berupa kontrol volume.
-Speaker rentan tersumbat oleh kotoran telinga.

2.Alat di belakang telinga (behind the ear/BTE)

BTE dipakai dengan cara dikaitkan pada bagian atas cuping telinga dan bagian belakang telinga. Terdapat sebuah tabung kecil sebagai penghubung penerima suara di dalam liang telinga atau disebut earmod. BTE cocok untuk berbagai tingkat gangguan pendengaran pada semua umur. Berikut adalah gambaran singkat tentang BTE:
-Suara bisa lebih dikeraskan, dibanding alat bantu dengar lain.
-Menangkap lebih banyak suara angin, sehingga mungkin lebih bising dibandingkan jenis lain.
-Bentuk modifikasinya kini lebih kecil daripada generasi terdahulunya yang merupakan jenis alat bantu dengar paling besar.

3.Speaker/Receiver di dalam telinga atau liang telinga (receiver in canal/RIC dan receiver in the ear/RITE)

Jenis ini bentuknya hampir sama dengan BTE. Bedanya, BTE menggunakan tabung kecil sedangkan alat jenis ini menggunakan kabel kecil. Berikut gambaran singkat tentang alat jenis ini:
-Dibandingkan dengan BTE, lebih tidak terlihat mencolok.
-Speaker rentan terhadap penyumbatan kotoran telinga.

4.Alat di dalam liang telinga (in the canal/ITC)

Jenis ini sesuai untuk gangguan pendengaran tingkat ringan sampai sedang pada orang dewasa. ITC dapat dibuat berdasarkan pesanan. Bentuknya akan memenuhi sebagian liang telinga. Berikut gambaran tentang ITC:
Berikut gambaran singkat tentang alat jenis ini.
-Tidak terlalu terlihat mencolok di telinga.
-Speaker rentan terhadap penyumbatan kotoran telinga.

5.Alat sepenuhnya di dalam liang telinga (completely in the canal/CIC)

CIC dibentuk agar dapat dimasukkan ke liang telinga. Penggunaannya ITC adalah untuk gangguan pendengaran tingkat ringan hingga menengah pada orang dewasa. Berikut gambaran singkat tentang CIC:
-Tidak terlalu menangkap suara angin.
-Rentan terhadap penyumbatan kotoran telinga.
-Tidak mengandung fitur tambahan seperti pada ITC.
-Merupakan jenis yang bentuknya paling kecil di antaranya jenis yang lain dan tidak terlihat mencolok.
-Karena menggunakan baterai yang lebih kecil, daya tahannya lebih singkat dan lebih sulit dipegang.
-Biasanya, pengguna pemula akan membutuhkan waktu beberapa minggu untuk beradaptasi dengan alat ini. Setelah terbiasa, pengguna dapat mengatur alat sendiri hingga volume suara pas dan nyaman.

6.Implan Koklea

Berbeda dengan alat bantu dengar yang bisa menguatkan suara, implan koklea, merupakan sebuah tindakan medis yang dilakukan dengan cara mengganti fungsi telinga dalam yang rusak, dengan kinerja dari alat elektronik kecil yang bekerja merangsang saraf pendengaran. Tindakan ini lebih bermanfaat untuk penderita tuli saraf.

Implan ditanam ke area telinga dalam, menghasilkan sinyal suara, lalu disalurkan ke otak melalui saraf pendengaran. Dengan alat ini, penggunanya bisa memahami suara yang muncul di lingkungan, sinyal-sinyal peringatan, termasuk memahami percakapan dengan orang lain di telepon.

Jika Anda baru pertama kali menggunakan alat bantu dengar, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu di ruangan yang tenang. Hal ini dikarenakan suara dapat terdengar berbeda pada ruangan yang berbeda pula, misalnya ruangan yang terbuka atau tertutup, besar atau kecil, berisik atau tidak. Lakukan hal ini sampai telinga Anda mulai terbiasa dengan penggunaan alat bantu dengar.

Harga Alat Bantu dengar biasanya terbagi menjadi 3 kasus:

Kasus Ringan ( 25 – 40 dBHL) untuk kasus ini harga alat bantu dengar berkisaran Rp. 4.500.000 hingga Rp. 7.500.000

Kasus Sedang ( 41 – 70 dBHL) untuk kasus ini harga alat bantu dengar berkisaran Rp. 7.500.000 hingga Rp. 10.000.000

Kasus Berat ( 71 – 120 dBHL) untuk kasus ini harga alat bantu dengar berkisaran Rp. 10.000.000 hingga Rp. 35.000.000

Perlu diingat bahwa harga alat bantu dengar tidak hanya sekedar biaya pembelian, tetapi juga biaya pemeliharaan dan perawatan yang harus dilakukan secara berkala. Misalnya, penggantian baterai atau perawatan rutin oleh audiologis.

Karena harga alat bantu dengar cukup bervariasi, banyak orang yang mempertimbangkan untuk membeli alat bantu dengar bekas. Namun, sebaiknya hindari membeli alat bantu dengar bekas karena alat bantu dengar merupakan perangkat medis yang sangat spesifik dan dibuat khusus untuk setiap individu yang memerlukannya. Memakai alat bantu dengar bekas bisa jadi berbahaya dan tidak efektif karena ukuran dan konfigurasi alat bantu dengar yang tidak cocok dengan telinga Anda.

Selain itu, kualitas suara dan kemampuan teknologi pada alat bantu dengar bekas mungkin sudah usang dan kurang memadai, sehingga tidak mampu memberikan efek yang diinginkan. Oleh karena itu, sebaiknya membeli alat bantu dengar baru dari toko terpercaya dan pastikan mendapatkan garansi dan perawatan yang baik.

Untuk menemukan alat bantu dengar yang tepat untuk Anda, penting untuk berkonsultasi dengan audiologis profesional yang akan membantu Anda menentukan jenis dan spesifikasi alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mereka akan membantu mengukur dan menyesuaikan alat bantu dengar agar sesuai dengan bentuk dan ukuran telinga Anda serta memberikan saran tentang perawatan dan penggunaan alat bantu dengar.

Meskipun harga alat bantu dengar bisa menjadi faktor yang menentukan untuk membeli, jangan sampai mengorbankan kualitas dan efektivitas alat bantu dengar hanya untuk menghemat biaya. Dalam jangka panjang, alat bantu dengar yang berkualitas dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kehidupan sehari-hari Anda.

Dalam kesimpulan, harga alat bantu dengar bervariasi tergantung pada jenis, merek, dan spesifikasi dari alat tersebut. Hindari membeli alat bantu dengar bekas karena bisa berbahaya dan tidak efektif. Konsultasikan dengan audiologis profesional untuk menentukan jenis dan spesifikasi alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Penting untuk mempertimbangkan kualitas dan efektivitas alat bantu dengar dalam jangka panjang.

KONSULTASI PENDENGARAN GRATIS
Hubungi Telepon/Whatsapp : 081260043332
Website : www.earsoundhearing.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Pusat Alat Bantu Dengar Digital

👂 KANTOR PUSAT
Jln. Prof. HM. Yamin No. 75 (Dekat Masjid Perjuangan 45) Medan, Sumatera Utara Indonesia 20335
Telp./WA : 0812-6004-3332

👂 CABANG MEDAN I
Jl. Abdullah Lubis No. 75 No. 48 Gedung Betahive, Babura, Kec. Medan Baru, Medan, Sumatera Utara Indonesia

👂 CABANG MEDAN II
Jl. Djamin Ginting No. 244, (Depan Pajak Sore) Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara Indonesia

👂 CABANG BINJAI
Jl. Tamtama No. 10, Satria, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara Indonesia 20714

👂 CABANG JAMBI
Jl. Sultan Agung Beringin, Pasar Jambi, Simpang Murni, Beringin, Kec. Ps. Jambi, Kota Jambi Indonesia 36124
Telp./WA : 0811-7405-413

Informasi:

BUKA SETIAP HARI

Senin – Sabtu  : 09.00-17.00
Minggu            : 10.00-16.00

Imagem perfil

Earsound Hearing

X

Silahkan isi nama, alamat dan keluhan kamu sekarang