323 views
Penyebab & Gejala Gendang Telinga Pecah

Penyebab & Gejala Gendang Telinga Pecah

Gendang telinga pecah, juga dikenal sebagai perforasi membran timpani, terjadi ketika lapisan tipis jaringan yang terletak di antara saluran telinga luar dan telinga tengah robek atau berlubang. Gendang telinga pecah dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk sakit telinga, tinitus (denging di telinga), kehilangan pendengaran, dan bahkan keluar cairan dari telinga. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang gendang telinga pecah, termasuk penyebab, gejala, dan pengobatan.

Penyebab gendang telinga pecah

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gendang telinga pecah, termasuk:

Trauma fisik: Cedera pada telinga, seperti benturan yang kuat atau luka pada telinga, dapat menyebabkan gendang telinga pecah. Cedera ini bisa terjadi akibat aktivitas olahraga yang berbahaya, kecelakaan mobil atau kecelakaan industri, atau aktivitas berbahaya lainnya.

Infeksi telinga: Infeksi telinga seperti otitis media atau infeksi telinga tengah dapat menyebabkan gendang telinga pecah. Infeksi telinga dapat menyebabkan penumpukan cairan di telinga tengah, yang dapat menyebabkan tekanan pada gendang telinga dan akhirnya menyebabkan pecah.

Perubahan tekanan udara: Perubahan tekanan udara, seperti saat naik pesawat atau menyelam, dapat menyebabkan gendang telinga pecah. Hal ini terjadi karena perubahan tekanan udara yang tiba-tiba dapat menyebabkan perbedaan tekanan antara telinga tengah dan telinga luar, sehingga tekanan pada gendang telinga meningkat dan bisa pecah.

Penggunaan benda asing: Penggunaan benda asing dalam telinga, seperti cotton bud atau benda lainnya yang dimasukkan ke dalam telinga, dapat menyebabkan gendang telinga pecah. Benda asing ini bisa merusak gendang telinga atau menimbulkan tekanan pada gendang telinga sehingga bisa pecah.

Efek samping obat: Beberapa obat seperti antibiotik tertentu, obat antiradang nonsteroid, atau obat tetes telinga tertentu, dapat menyebabkan gendang telinga pecah sebagai efek samping. Penggunaan obat-obatan ini secara terus-menerus dapat memperburuk kondisi gendang telinga yang sudah rusak.

Gejala gendang telinga pecah

Gejala gendang telinga pecah dapat bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan dan penyebabnya. Beberapa gejala umum yang dapat dialami oleh seseorang yang mengalami gendang telinga pecah antara lain:

Sakit telinga: Salah satu gejala yang paling umum dari gendang telinga pecah adalah rasa sakit yang parah pada telinga. Rasa sakit dapat muncul secara tiba-tiba atau bertahap, tergantung pada tingkat keparahan kerusakan pada gendang telinga.

Telinga terasa penuh atau tersumbat: Pecahnya gendang telinga dapat menyebabkan perubahan dalam tekanan telinga, sehingga telinga terasa penuh atau tersumbat.

Tinnitus: Pecahnya gendang telinga juga dapat menyebabkan terdengarnya suara berdengung atau mendengung dalam telinga, yang dikenal sebagai tinnitus.

Keluarnya cairan dari telinga: Jika gendang telinga pecah parah, cairan bisa mengalir keluar dari telinga. Cairan ini mungkin berupa darah atau cairan yang terinfeksi.

Gangguan pendengaran: Pecahnya gendang telinga dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk mendengar dengan jelas. Gejala ini bisa berkisar dari sedikit gangguan hingga kehilangan pendengaran secara total.

Kebocoran udara dari telinga: Pada kasus pecahnya gendang telinga yang parah, bisa terjadi kebocoran udara dari telinga, yang dapat mempengaruhi keseimbangan dan menimbulkan masalah dengan pendengaran.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera temui dokter atau spesialis THT. Dalam beberapa kasus, gendang telinga yang pecah dapat sembuh sendiri dalam beberapa minggu atau bulan. Namun, tergantung pada tingkat keparahan dan penyebabnya, Anda mungkin membutuhkan perawatan medis seperti pengobatan antibiotik, operasi, atauu penggunaan alat bantu dengar untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Pusat Alat Bantu Dengar Digital

👂 KANTOR PUSAT
Jln. Prof. HM. Yamin No. 75 (Dekat Masjid Perjuangan 45) Medan, Sumatera Utara Indonesia 20335
Telp./WA : 0812-6004-3332

👂 CABANG MEDAN I
Jl. Abdullah Lubis No. 75 No. 48 Gedung Betahive, Babura, Kec. Medan Baru, Medan, Sumatera Utara Indonesia

👂 CABANG MEDAN II
Jl. Djamin Ginting No. 244, (Depan Pajak Sore) Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara Indonesia

👂 CABANG BINJAI
Jl. Tamtama No. 10, Satria, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara Indonesia 20714

👂 CABANG JAMBI
Jl. Sultan Agung Beringin, Pasar Jambi, Simpang Murni, Beringin, Kec. Ps. Jambi, Kota Jambi Indonesia 36124
Telp./WA : 0811-7405-413

Informasi:

BUKA SETIAP HARI

Senin – Sabtu  : 09.00-17.00
Minggu            : 10.00-16.00

Imagem perfil

Earsound Hearing

X

Silahkan isi nama, alamat dan keluhan kamu sekarang