43 views
Obat obatan yang menyebabkan gangguan pendengaran

Obat obatan yang menyebabkan gangguan pendengaran

Obat obatan dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran adalah masalah kesehatan yang dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk mendengar suara dengan jelas. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran, termasuk penggunaan obat-obatan tertentu. Menurut American Speech-Language-Hearing Association, setidaknya ada 200 jenis obat bebas dan resep yang dapat menyebabkan hilangnya kemampuan mendengar

Obat obatan Ototoksik
Salah satu jenis obat yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran adalah obat-obatan ototoksik. Obat-obatan ini digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti infeksi, kanker, dan tekanan darah tinggi. Obat-obatan ototoksik dapat merusak bagian dalam telinga yang disebut koklea. Kerusakan pada koklea dapat mengganggu kemampuan pendengaran seseorang.

Obat obatan NSAID
Obat-obatan lain yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran adalah obat-obatan nonsteroid anti-inflamasi (NSAID). Obat-obatan ini digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Beberapa contoh NSAID adalah aspirin, ibuprofen, dan naproxen. Penggunaan jangka panjang NSAID dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut di dalam telinga, yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Obat Diuretik
Selain itu, obat-obatan diuretik juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Diuretik digunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan membuang kelebihan cairan dari tubuh. Obat-obatan ini dapat mengubah keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang dapat memengaruhi kemampuan pendengaran.

Antibiotik Khusus
Beberapa jenis antibiotik juga diketahui dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Antibiotik aminoglikosida, seperti gentamicin, amikacin, dan streptomycin, dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut di dalam telinga. Obat-obatan ini biasanya digunakan untuk mengobati infeksi bakteri yang parah.

Penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan gangguan pendengaran, tetapi bukan berarti semua orang yang menggunakan obat-obatan tersebut akan mengalami masalah pendengaran. Sebelum menggunakan obat-obatan tertentu, selalu diskusikan dengan dokter Anda tentang efek samping dan risiko potensial dari obat-obatan tersebut. Jika Anda mengalami gangguan pendengaran setelah menggunakan obat-obatan tertentu, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Dalam kesimpulan, penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Oleh karena itu, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan tertentu dan mengikuti instruksi penggunaan dengan benar. Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada telinga.

KONSULTASI PENDENGARAN GRATIS
Telepon / Whatsapp : 081260043332 ( KLIK DISINI )
www.earsoundhearing.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Pusat Alat Bantu Dengar Digital

👂 KANTOR PUSAT
Jln. Prof. HM. Yamin No. 75 (Dekat Masjid Perjuangan 45) Medan, Sumatera Utara Indonesia 20335
Telp./WA : 0812-6004-3332

👂 CABANG MEDAN I
Jl. Abdullah Lubis No. 75 No. 48 Gedung Betahive, Babura, Kec. Medan Baru, Medan, Sumatera Utara Indonesia

👂 CABANG MEDAN II
Jl. Djamin Ginting No. 244, (Depan Pajak Sore) Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara Indonesia

👂 CABANG BINJAI
Jl. Tamtama No. 10, Satria, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara Indonesia 20714

👂 CABANG JAMBI
Jl. Sultan Agung Beringin, Pasar Jambi, Simpang Murni, Beringin, Kec. Ps. Jambi, Kota Jambi Indonesia 36124
Telp./WA : 0811-7405-413

Informasi:

BUKA SETIAP HARI

Senin – Sabtu  : 09.00-17.00
Minggu            : 10.00-16.00

Imagem perfil

Earsound Hearing

X

Silahkan isi nama, alamat dan keluhan kamu sekarang